Apakah Harus Pacaran Dulu Untuk Dapat Jodoh?

Jawaban
Assalaamu’alaikum Wr Wb,
Allah tak pernah menzhalimi satupun makhukNya. Tak mungkin keluarga anda ditakdirkan berat jodoh. Jodoh memang sudah ditentukan Allah dan soal kapan datangnya, bisa saja dipengaruhi oleh sikap dan kebiasaan orang. Mungkin, ada kebiasaan atau karakter keluarga yang menyebabkan kebanyakan calon pelamar merasa takut. Misalnya ortu yang galak, sikap yang terlalu cuek dan sebagainya.

Coba di teliti, anda dan keluargalah yang bisa menilai ada atau tidaknya penghambat macam ini. Kami juga tak setuju bahwa untuk mudah dapat jodoh harus pacaran. Pacaran bukan suatu perbuatan produktif, malah sebaliknya, merugikan.
Dalam Islam, sebenarnya wanita boleh saja sedikit lebih aktif, misalnya ia melamar seorang pria yang shaleh. Namun mungkin hal ini justru sangat ditabukan dalam masyarakat kita yang lebih menghendaki seorang wanita bersikap pasif.
Jangan terprovokasi oleh situasi anda sehingga anda terjebak untuk mengikuti godaan setan untuk pacaran. Biar bagaimanapun, pacaran adalah serangkaian perbuatan mengandung dosa. Yang lebih penting bagi anda adalah bagaimana tetap berhusnuzhon pada Allah, sebab seseorang yang bersu’uzhon pada Allah adalah orang yang durhaka. Dan jangan lupa terus berdoa dan berusaha menjadi wanita sholehah sehingga semakin memperbesar kemungkinan mendapat pria sholeh. Wallahu’a’lam bishshowwaab.
Wassalaamu’alaikum Wr Wb
HM Ihsan Tanjung dan Siti Aisyah Nurmi

Iklan

6 thoughts on “Apakah Harus Pacaran Dulu Untuk Dapat Jodoh?

  1. apa yang dimaksud jodoh?? Apa seseorang baru bisa dikatakan berjodoh kalau ia sudah beristri atau bersuami? Lalu bagaimana kalau tak lama setelah seseorang menikah (disebut berjodoh), ia bercerai, apa itu disebut tidak berjodoh??

    let’s re-think about it, brother.. 🙂

    • seseorang bertemu kemudian akbrab itu juga jodoh….jodoh di sini adalah dalam cakupan pernikahan……cerai juga berbagai macam makna…..cerai karna ditinggal meninggal dunia, cerai karna permasalahan keluarga……cerai yang anda maksud yang mana ni masbro……hehe

    • jodoh itu sebuah misteri dalam kehidupan…..bisa jadi “seseorang baru bisa dikatakan berjodoh kalau ia sudah beristri atau bersuami” itu dinamakan jodoh…..bisa jadi juga “seseorang menikah (disebut berjodoh), ia bercerai, apa itu disebut tidak berjodoh”…..makanya itu, harus selalu sabar dan tawakal dlam menemukan jodoh sejati yang selalu menemani kita dalam suka dan duka…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s