PANDUAN PRAKTIS MEMULAI BISNIS SAHAM

Saya ingin berbagi dengan kalian mengenai proses yang harus kita lalui utk dapat berdagang saham dengan baik. Tulisan saya ini diangkat berdasarkan pengalaman2 saya, lalu saya ringkas sehingga menjadi suatu proses yg efektif dan efisien. Saya akan memulai dari latar belakang “Bisnis Perdagangan Saham”. Sedangkan ruang lingkupnya adalah pedagang saham (Stock Trader) dengan modal kecil.

Latar Belakang.
“Bisnis Saham” adalah proses bisnis murni dan umum dimana “uang bekerja untuk kita”; kita menaruh uang dan kemudian berkembang sesuai dengan gejolak pasar saham tempat kita menaruh modal.

“Perdagangan Saham” adalah perdagangan murni seperti layaknya perdagangan barang dan jasa; anda membeli dan menjual kembali. Tujuan satu2nya adalah laba.

Dari pengertian ini maka ada dua istilah yg saling berhubungan: “Bisnis Saham” dan “Perdagangan saham”. Maka jika diistilahkan bisnis anda adalah “Bisnis Saham” sedangkan pekerjaan anda adalah “Pedagang Saham”.

Sebagaimana proses ekonomi maka kita harus mengelola semua aktivitas ini. Untuk porsi kita maka titik beratnya adalah pada “Perdagangan Saham”, kita tidak bisa mengelola “Bisnis” karena dalam istilah kita “Bisnis” berkaitan dengan pasar (modal), hanya investor2 besar atau organisasi2 investasi saja yg bisa melakukan ini. Sebenarnya anda juga bisa…tapi butuh keberanian dalam menerima resiko; baik resiko keuangan maupun tuduhan pelanggaran hukum.

Nah…untuk istilah “mengelola” inilah yg sering menjadi permasalahan bagi semua orang.

Kita juga harus menyediakan waktu untuk mempelajari cara2 analisa teknikal dan fundamental secara mendalam, sambil melakukan simulasi selama +/- 6 bulan. Jadikanlah ini sebagai pertimbangan sebelum memasuki dunia pasar modal.

Langkah-langkah awal.

Sebagaimana proses bisnis dan memilih bisnis pada umumnya; dalam proses awal utk memulai bisnis ini, kita diharuskan utk sungguh2 mengerti seluk-beluk bagaimana mekanisme dunia pasar modal itu bekerja. Mulai dari dasar teori: Mikro Ekonomi & Makro Ekonomi, Statistik, Akuntansi, Manajemen Keuangan, hingga segala sesuatu yg berhubungan dengan “operasi lapangan”. Kita harus bisa melakukan riset pasar dan memperkirakan potensi laba yg dapat kita raih, dan kemudian dicocokkan dengan target laba atau penghasilan yg kita inginkan.

Catatan:
Perlu diketahui bahwa pada tahap ini kita hanya melakukan “Riset iseng-iseng” jadi saran saya sisihkan waktu & dana se-minimum mungkin! Saya dulu menggunakan kertas bekas, koran2 bekas (bungkus sayuran), alat2 tulis bekas…pokoknya se-pelit mungkin! Karena dengan begitu kita masih punya banyak peluang utk melirik bisnis yg lain.

Cara praktis:
1. Catat target penghasilan kita selama satu bulan.
2. Kalikan dengan 12 Bulan.
3. Bagi dengan 52 minggu.
4. Lalu bagilah dengan 5 hari.

Hasilnya kita akan mendapatkan target penghasilan utk 1 hari, 1 minggu, 1 bulan dan 1 Tahun.

Setelah itu pilihlah secara acak +/- 10 emitten BEI, kemudian carilah data2 historis harga saham2 tsb. Lalu coba hitung berapa peningkatan harga yg pernah terjadi (secara acak). Lalu lakukan proses perata-rataan utk memperoleh perkiraan berapa persentase rata2 laba yg bisa diharapkan. Jangan menghitung Laba maximun tp hitunglah persentase laba rata2! Jk pasar sedang menurun (Bearish) coba hitung berapa tingkat persentase laba yg dapat diperoleh pada saat “Rebound”. Lalu bandingkan dengan target kita.

Hukum pasar modal adalah: Persentase kerugian & keuntungan berbanding lurus dengan besarnya modal yg ditanamkan.

Perhitungkan waktu yg akan kita buang utk mengelola perdagangan. Dan segala sesuatu yg akan kita dapatkan selain uang, misalnya status sosial dll.

Jika merasa cocok dan mantap dengan bisnis ini maka lanjutkan langkah kita.

Langkah kedua.

A. Masih dalam proses “Riset iseng-iseng”. Cobalah cari berita2 tentang pasar modal. Perlu kita ketahui, pasar modal Indonesia terbagi menjadi dua: 1. Pasar saham BEI 2. Pasar futures (Forex, Index dan commodities) yg dikelola oleh BBJ (Bursa Berjangka Jakarta). Carilah dari koran2 bekas, berita2 di TV ataw obrolan dg tetangga ataw teman2, sanak famili dll. Intinya carilah sejarah singkat dan kondisi lapangan sesungguhnya dari dunia pasar modal sebanyak2nya dengan biaya seminim mungkin!

Nah…setelah itu kita akan mendapatkan informasi mengenai pasar modal, berita baik maupun berita buruk terutama mengenai Broker. Cobalah pikirkan masak2…bagaimana solusinya utk menyelesaikan permasalahan jk kita tertimpa berita yg paling buruk, ataw langkah2 pencegahan spy hal tsb tidak terjadi.

Caranya:
1. Kumpulkan koran2 bekas yg terdapat tabel “Broker Teraktif” dg rentang periode +/- 1 tahun.
2. Buatlah rating dari broker2 tsb.
3. Pilih 3-4 broker dg rating tertinggi.

Hasilnya kita akan mendapat daftar broker2 terbaik dalam mengelola perdagangan saham. Biasanya broker2 tersebut banyak dipercaya oleh masyarakat dan aman. Dan pada masa itu broker yg saya pilih dg cara ini masuk dalam nominasi Capital Market Award…dan menang. Dan yg paling penting dana saya tetap aman sampai sekarang

Utk perdagangan futures; ada beberapa broker saham BEI yg jg merangkap sebagai broker perdagangan futures.

B. Setelah kita merasa mantap dg bisnis ini maka kita berlanjut ke tahap yg lebih rumit, membuang waktu, uang dan tenaga. Oleh karena itu saya sarankan hanya jika anda betul2 merasa mantap!

Langkah2nya:
1. Belilah sebuah buku pengetahuan praktis tentang seluk-beluk pasar modal. Jangan rumit2!
2. Pelajari baik2 dan bayangkan apa yg akan menjadi kegiatan kita sehari-hari.

Sebagai pengetahuan praktis: ada 3 proses utama dalam mengelola perdagangan kita.
1. Maintaining data: pengumpulan, penyimpanan, perawatan dll.
2. Analisa data: pemilihan saham, pengamatan, pengambilan keputusan jual/beli dll.
3. Eksekusi perdagangan; Jual/Beli, komunikasi dg broker dll.

Itu semua adalah pekerjaan kita setiap hari! Jadi bayangkanlah secara detail apa yg akan menjadi jadwal kita setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, triwulan, semester dan tahunan. Khayalan kita ini akan memandu kita utk membuat perencanaan dalam mengelola perdagangan kita; termasuk sarana & prasarana, waktu, uang dan tenaga yg akan kita butuhkan dalam operasional. Semua itu harus bisa berjalan dg cara yg paling efektif dan efisien! Dan…tentu saja profitable!

Setelah mantap ikuti langkah berikut:
1. Sediakan biaya utk melakukan langkah2 selanjutnya. Disiplinlah dlm mengeluarkan uang (sebagian besar Money Manager legendaris terkesan sederhana bahkan pelit).
2. Downloadlah buletin JSX Statistics ataw JSX Monthly Statistic utk periode 1 tahun. Bacalah dan biasakan diri kita utk melihat tabel data, grafik dll.
3. Carilah halaman yg menyangkut 50 broker teraktif dan 50 broker terbesar.
4. Buatlah rating sekali lagi utk cross check.
5. Carilah nama lengkap Broker2 tersebut.
6. Carilah nomer2 telpon mereka di Yellow Pages. Ataw coba disini: http://www.idx.co.id/MainMenu/Brokers/BrokerageProfile/tabid/72/lang/en-US/language/en-US/Default.aspx
7. Mintalah informasi sepuas mungkin via telepon.
8. Jika sudah mantap, datangi mereka satu persatu. Amati suasana disana, proses perdagangannya, kepada siapa kita akan sering berhubungan, professional ataw tidak dll.
9. Duduklah seharian dalam “Trading Room” perhatikan baik-baik pergerakan harga Bid/Ask dll (biasanya diijinkan). Bila perlu…carilah teman ataw partner dalam “suka duka” yg bersedia menemani kita kemana saja. Krn kadang2 kita akan merasa canggung jika harus seharian duduk sendirian di”Trading Room” ataw menginterogasi account officer dari salah satu kantor broker.
10. Mintalah brosur ataw aplikasi dll…pokoknya segala sesuatu yg bisa dibawa pulang utk dipelajari di rumah. (Saya dulu mempunyai 4 form aplikasi dari 4 kantor broker, sekarang masih saya simpan utk kenang2an).
11. Ikuti Seminar2 Gratis tentang pasar modal.
12. Masukilah situs2 perkumpulan investor. Jangan tergoda utk memasuki suatu kelompok kecuali jika: kekurangan modal ataw kuat secara fisik, mental dan mempunyai koneksi yg sangat kuat dengan aparat keamanan & pengacara!
13. Cobalah beberapa fasilitas “Trial” utk perdagangan saham, Misalnya RTI, e-Bursa dll. Biasanya +/- 2 hari utk demo.
14. Lakukan proses “Trial” dalam menghubungi broker utk mengetahui berapa lama kita hrs menunggu utk bicara dg account officer.
15. Lakukan proses “Simulasi” dalam mendatangi kantor broker utk mengetahui lamanya perjalanan. Ini sangat penting jk kita hrs melakukan perdagangan secara langsung.
16. Lakukan proses “Simulasi” dalam melakukan aktivitas perdagangan, mulai dari menyalakan komputer, pengumpulan data, analisa harian dll hingga proses berakhir. Lakukan berulang-ulang utk meningkatkan efektivitas & efesiensi. Lakukan perbaikan proses aktivitas jk diperlukan.
17. Buatlah portfolio dari simulasi perdagangan. Minimal catatan perdagangan berdasarkan pada simulasi.
18. Jangan pernah menggunakan Uang utk simulasi! Gunakanlah uang/modal Imaginer.
19. Simpanlah Modal Utama kita dengan sebaik2nya dan usahakan agar sangat sulit utk diambil…tetapi tetap strategis dan likuid. Misalnya: Jika kita mendepositokan Modal Utama kita, maka kita akan mendapatkan bunga setiap bulannya, tetapi bila kita akan menarik dana tsb (sebelum jatuh tempo) pasti akan dicegah oleh pihak bank, klo kita tetap bersikeras maka akan terkena “penalti”.
20. Dalam melakukan simulasi, curigailah selalu keberhasilan kita. Selalu bertanya pd diri sendiri apakah ini hanya kebetulan? Atau memang hasil dari metode yg baik?
21. Tetaplah beranggapan bahwa masih ada bisnis lain yg lebih baik.

Langkah ketiga.
Nah…sambil melakukan simulasi & riset lapangan, pelajarilah segala sesuatu tentang Analisa Teknikal & Fundamental. Berikan waktu +/- 6 bulan utk belajar. Pelajarilah dengan serius!. Jangan pernah berhenti sebelum kita mendapatkan sistem analisa yg 100% tepat ataw minimal “Balik Modal”. Ketepatan ini hanya bisa kita dapatkan jk kita bisa mencerna teori2 tersebut dan juga pengalaman. Jangan hanya mengandalkan teori statistik ataw matematika belaka, tp cobalah utk “menjiwai” teori2 tsb, dg begitu intuisi kita jg ikut berkembang…mirip dg “Jiwa Bisnis”.

Pada dasarnya ada 5 Jenis Indikator teknikal:
– Indikator Trend.
– Indikator Momentum.
– Indikator Volatilitas.
– Indikator Kekuatan Pasar.
– Indikator Trigger.

Dan ada 2 sistem analisa keuangan:
– Konvensional.
– Onorus.

Kita jg hrs memantau berita2 seputar pasar modal, emitten2, rekomendasi2, Indeks2 global & regional dan komoditas.

Berikut referensi buku2 & modul2 berguna yg bisa dipelajari.

Buku2:
– Kaya dan Pinter Jadi Trader & Investor Saham.
– Solusi Investasi di bursa saham Indonesia.
– How to make money in stocks.
– Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan.
– Menilai harga wajar saham.
– CANDLESTICK and Its Application in Indonesian Market.
– Encyclopedia Of Chart Patterns (E-book).
– Trading in Mind (E-Book).
– Technical Analysis, Power Tools For Active Investor (E-Book).
– A Complete Guide To Technical Trading Tactics (E-Book).
– Candlestick And Pivot Point Trading Triggers (E-Book).
– Getting Started in Candlestick Charting (E-Book).

Harap berhati2 krn isi buku2 tersebut belum tentu benar, kadang salah cetak atau salah tulis dari penulisnya ataw perbedaan negara dll. Sebaiknya kita melakukan cross check misalnya dengan melihat dalam “Help Menu” dalam software kita ataw cari di internet. Tapi sejauh ini buku2 tersebut bisa diandalkan.

Modul2:
– Martin J. Pring – Candlestikcs Explained CD.
– Technical Analysis For The Professional Trader Part I.
– Technical Analysis For The Professional Trader Part II.

Situs ini jg baik untuk dipelajari: http://hn-technical.blogspot.com/

Untuk keterangan mengenai sumber E-Book, Modul dan Freeware bisa dilihat dalam posting2 saya terdahulu.

Jika kita merasa perlu untuk mengikuti kursus silahkan pilih kursus2 yg kita yakin bermutu. Ikutilah “Kursus2 Gratisan” terlebih dahulu. Setelah kita yakin barulah ikuti kursus paketnya. Jangan lupa…masukkan budget tersebut ke dalam perhitungan modal dalam merintis bisnis kita ini.

Berikut Software2 yg umum dipergunakan:
– MetaStock Professional 10.1 Real Time.
– Amibroker.
– Omni Trader (Baik untuk simulasi analisa teknikal krn ada fasilitas “Game Mode”).

Iklan

5 thoughts on “PANDUAN PRAKTIS MEMULAI BISNIS SAHAM

  1. Mau tanya bagaimana cara memulai ikut menanam saham,dan berapa modal awal buat pemula ? saya sangat berminat menanam uang di pasar modal seperti saham tapi saya belum mengerti .selama ini saya selalu menyimpan uang di deposito tapi penghasilannya sangat kecil.

  2. ASSALAMU ALAIKUM
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN
    atas RAHMAT SERTA HIDAYAH RIDHO DARI ALLAH SWT.serta berbekal ILMU KEWALIAN KAROMAH,KESAKTIAN SEJATI,serta izin dari para guru/leluhur dengan melakukan tapa brata,beliau hadir untuk membantu anda yg sa’at ini dalam MASALAH HUTANG BESAR, BUTUH MODAL BESAR, INGIN MERUBAH NASIB,BANGKRUT USAHA,DI CACI MAKI,DI HINA,MENYENGSARAKAN/MENZHOLIMI ANDA ,JANGAN PUTUS ASA,INI SAATNYA ANDA BANGKIT DARI KETERPURUKAN, RENTANGKAN SAYAPMU,RAIH DUNIAMU, IMPIANMU,KEJAR CITA CITAMU,AGAR ORANG LAIN TIDAK LAGI MENGHINAMU,
    BELIAU SIAP MEMBANTU ANDA DENGAN
    -JUAL MUSUH
    -UANG GOIB
    -NIKAH JIN
    -MENGGANDAKAN UANG
    -UANG BALIK
    -BULU PERINDU
    -PENGASIHAN
    -PELET HITAM
    -PELET PUTIH
    -SANTET MATI
    -GENDAM PENAKLUK
    -ANGKA/SIO JITU
    di jamin 100% berhasil & sukses
    hubungi beliau :
    KH SA’ID ABDULLAH WAHID
    (AHLI ILMU GO’IB)

    HP: 082334608008

    D/A : BATU AMPAR-GULUK GULUK –
    SUMENEP – MADURA JAWA TIMUR
    bebas agama/keyakinan
    proses cepat tepat terpercaya
    hanya bagi yang serius
    TERIMA KASIH WASSALAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s