Tip Sukses Mencari Kerja

Berikut ini adalah tips agar Anda tetap semangat dan percaya diri ketika harus berganti pekerjaan dan karir.

1. Buatlah CV baru

Buat surat lamaran kerja yang baru, lengkapi dengan curriculum vitae yang memuat detail setiap pencapaian karir Anda selama ini. Jangan lupa sertakan no telepon, hand phone, dan email.

2. Tetap semangat

Siapkan diri anda untuk menerima kemungkinan terburuk, namun tetap berusaha melakukan yang terbaik. Tetap fokus pada goal Anda dan ingatlah bahwa ada sebuah pekerjaan yang lebih baik menanti Anda di luar sana.

3. Cari dukungan

Beritahukan situasi sesungguhnya dengan keluarga dan teman. Tidak ada gunanya menarik diri dari pergaulan karena justru keluarga dan teman akan membantu Anda untuk tetap termotivasi dan bahkan bisa membantu mencari peluang baru untuk Anda.

4. Bersosialisasi

Lebih terlibat dengan komunitas di sekitar kediaman Anda. Bertemu dan berteman dengan banyak orang baru karena ini bisa membuka kesempatan untuk menemukan pekerjaan yang lebih dekat dengan tempat tinggal Anda.

5. Lingkungan rumah yang kondusif

Sediakan sebuah ruangan kecil di rumah Anda yang bisa berfungsi sebagai “kantor” sementara. Lengkapi dengan meja, telepon, komputer dan perlakukan selayaknya “kantor” untuk mencari kerja.

6. Berpikir positif

Hindari menggunakan kata-kata “pengangguran” , “susah menemukan pekerjaan”. Ganti dengan kata-kata yang lebih positif seperti “Pekerjaan yang lebih menjanjikan sedang menanti saya”

7. Perhatikan kesan pertama

Ketika akhirnya Anda diwawancara untuk sebuah pekerjaan, ingatlah bahwa hanya dibutuhkan 7 detik untuk memberikan kesan pertama. Gunakan sebaik-baiknya dengan tersenyum penuh percaya diri, berpenampilan rapi, sopan dan sesuai dengan keadaan. Berpenampilan rapi dan menarik akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s